Kamis, 19 Maret 2015

Bikin Paspor

Dari kecil saya sering ngebayangin menginjakkan kaki di atas salju, gendong anak kangguru, berkunjung ke tempat-tempat mainstream di Eropa, menjelajah kota-kota yang masuk ke buku sejarah waktu sekolah tentang perang dunia, atau kerajaan perkembangan islam, dll.. Kebanyakan sih karena kehipnotis serial dongeng ala ala Disney Land gitu. Yah tapi, entah itu bisa terwujud apa cuma sebatas khayalan belaka aja.

Akhir taun kemaren, terdorong ajakan seorang rekan kerja, saya memberanikan diri mendatangi kantor imigrasi buat bikin paspor. Setelah dokumen lengkap, plus nyiapin biaya pembuatannya sebesar 355 ribu rupiah (update per Desember 2014). Kebetulan, tanggal 8 Desember 2014 kemaren, kantor Imigrasi yang menangani pembuatan paspor buka cabang baru di sekitar kantor, nama lengkapnya Unit Layanan Paspor Wilayah I Kantor Imigrasi Kelas I Bandung di Gedung Bina Citra Lestari, Lantai 3 di Jalan Soekarno-Hatta No 162 Bandung (pinggir jalan Bypass deket patung Sepatu Cibaduyut), langsung aja dateng ga subuh-subuh amat kesana memakai baju pink dan kerudung senada (hehehhe penting banget yaa buat diceritain). Di cabang ini buat meminimalisir antrian, kita ga perlu pake online booking dulu sebelumnya kayak yang di Jl. Surapati 82 Cihaurgeulis deket Gasibu yang notabene warga se-Bandung Raya dan daerah-daerah sekitarnya tampuk disitu. Jadi tinggal dateng langsung ke TKP di kantor baru ini. Berhubung baru, jadi masih syepi bingittss. Saya aja yang sengaja dateng agak siang, yaitu jam 6 pagi, dapet antrian ke-8. Ada 7 orang lainnya yang udah berada disana sebelum saya. Tapi antrian kedatangan ini hanya untuk antrian pemeriksaan kelengkapan dan keabsahan persyaratan, dan antre nya sambil duduk. Eh pas jam 8-an baru deh para pegawainya datang. Dokumen yang diperiksa, seperti dilansir dari situs resminya antara lain:
  1. kartu tanda penduduk yang masih berlaku atau surat keterangan pindah keluar negeri; buat jaga-jaga bawa fotokopinya juga yaaa;
  2. kartu keluarga dan fotokopinya;
  3. akta kelahiran, akta perkawinan atau buku nikah, ijazah, atau surat baptis (yang isinya memuat nama, tanggal lahir, tempat lahir, nama orang tua), dan fotokopiannya;
  4. surat pewarganegaraan Indonesia bagi Orang asing yang memperoleh kewarganegaraan Indonesia melalui pewarganegaraan atau penyampaian pernyataan untuk memilih kewarganegaraan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  5. surat penetapan ganti nama dari pejabat yang berwenang bagi yang telah mengganti nama;
  6. paspor lama bagi yang udah punya paspor biasa.
Prosedurnya kalo udah lolos verifikasi, kita dikasih beberapa formulir buat diisi, termasuk surat pernyataan bermaterai. Kalo saya kemaren sih, karena ga bawa materai buat surat pernyataannya jadi beli dulu di tempat fotokopi di ruangan terpisah. Dan saya pun diharuskan untuk mengantre lagi dibelakang orang yang paling telat datangnya. Tegaaaaaaaaaaa :(

Setelah ngisi formulir-formulir tersebut, saya diminta ambil nomor antrian, biasanya sih ada petugasnya yang siap sedia bantu. Lalu saya nunggu lagi, sampai display di depan mata saya menampilkan no urut antrean saya. Setelah berbenah, barangkali ada riasan yang kusut, saya masuk ke ruangan wawancaranya. Sebenernya ga wawancara formal gitu, hanya memastikan data yang kita isi benar. Paling ditanya apa tujuan bikin paspor. Berhubung masih baru jadi petugasnya juga nyantai ga setegang yang artikel-artikel lain bilang. Setelah mencocokkan data saya diminta menegakkan badan dan pasang pose formal, kalo bisa sih senyum dikit aja, biar pas udah jadi ga garang-garang amat hehehe.. Oh iya disarankan jangan pakai baju/atasan berwarna putih atau warna-warna pucat lainnya yaa, soalnya background fotonya putih sih, jadi biar kontras aja. Begitu juga dengan warna kerudung yaa kudu kontras ama bekgronnya yang putih polos, terus kalo pake kacamata kudu dilepas. Abis difoto, si petugas nyodorin mesin fingerprint buat nyetak sidik jari kita di mesin itu. Buat yang sidik jarinya agak susah terbaca, kalo boleh saran jarinya dibasahin dulu, bisa pakai lotion (hand body) atau keringet sendiri yang biasanya muncul kalo lagi deg-degan. Ide ini sih dari temen saya yang punya kasus serupa hehehe..

Abis itu, dikasih kertas buat diserahin ke bank pas bayar si 355 ribu tea di BRI terdekat. Dan entah sengaja atau kebetulan, alhamdulillah di depan gedung Bina Citra itu ada BRI keliling yang pake mobil gitu. Jadi tanpa babibu, saya langsung serahin si form itu ke mbak tellernya.

Tiga hari kemudian, passport saya udah bisa diambil. Horeeeeee..

Kalo Passport Case, di gedung imigrasinya juga ada. Yang warna ijo army tea,yang formal bangeeeet.. Saya beli sih, takut kotor hehehe, cuma 5.000-an ini. Tar kalo nemu yang lucu saya beli lagi :D

Taunya setelah browsing sana-sini, nyari yang bagus tapi (teteeeuupp) murah, saya putuskan buat beli langsung aja ke toko. Dan nemu deh di Ace Hardware. Harga masih dibawah 30.000, plus diskon 10%, dapetnya udah bagus, bahan PVC. Warnanya fresh banget. Kata saya sih bagus. Bahan cover nya anti basah :)

Ini paspor saya heheheheh

Nb: Maaf yaa saya bener-bener #latepost , kemaren temen saya nanya gimana pengalamannya, yaudah sekalian saya posting aja disini. Semoga bermanfaat yaaa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar