Jumat, 10 Juli 2015

Verb -ing (Present Participle) and Verb-3 (Past Participle)

Seringkali kata kerja Inggris digunakan sebagai pengganti 'adjective'/kata sifat dan dalam kalimat berperan sebagai pelengkap kata bantu 'be' dan yang bermakna mengungkapkan kondisi atau keadaan seseorang atau sesuatu benda. Dalam kasus ini, kata kerja tersebut digunakan dalam bentuk '-ing' (present paticiple) dan 'verb 3' (past participle). 
Agar tidak keliru menggunakannya, saya ingatkan bahwa:'verb -ing' (present participle) bermakna aktif atau dalam bahasa Indonesia berupa kata kerja berawalan 'me'
'verb 3' (past participle) bermakna pasif atau dalam bahasa Indonesia berupa kata kerja berawalan 'di/ter'

Agar mudah dipahami, akan saya berikan beberapa contoh yang ringan-ringan saja seperti:
1. tire
- tiring = melelahkan; contoh: That work was tiring. = Pekerjaan itu melelahkan.
- tired = merasa lelah; contoh: I was tired after working long hours. = Saya merasa lelah setelah bekerja berjam-jam. 

2. bore
- boring = menjemukan, membosankan; contoh: His speech was really boring. = Pidato dia benar-benar membosankan
- bored = merasa bosan, merasa jemu; contoh: I am bored with these unpredictable climate changes. = Saya merasa bosan dengan perubahan       iklim yang tidak bisa diprediksi ini.

3. confuse
- confusing = membingungkan; contoh: This direction sign is confusing me. = Petunjuk arah ini membingungkan saya.
- confused  = merasa bingung; contoh: I am confused with this direction sign. = Saya merasa bingung dengan petunjuk arah ini.

4. interest
- interesting = menarik (hati); contoh: The show was interesting to me. = Pertunjukan itu menarik hati saya. 
- interested = (merasa) tertarik, berminat; contoh: I am interested in your program of TOEFL Preparation. = Saya merasa tertarik dengan program persiapan TOEFL Anda.

That's a wrap. Let's practice! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar