Jumat, 02 Februari 2018

Day 2 Mengamati Gaya Belajar Anak : Visualize, Lembar Observasi dan Mantra

Dari hasil diskusi di kelas hari ini, mbak fasil share mantra untuk observasi keluarga, yaitu:
1. Banyak main bareng
2. Banyak ngobrol bareng
3. Banyak beraktivitas bareng

Lembar Observasi


Queenara saat ini berusia 17 bulan which is belum terlihat learning style nya condong ke arah mana. Apakah kinestetik, auditory, ataupun visual. Tugas mama hanya mengarahkan supaya nantinya mama bisa membimbing Queen belajar sesuai cara yang paling nyaman untukmu, bahkan lebih lanjut bisa di-balance.

Apa sih manfaatnya kalo kita tau learning style (anak) kita? Salah satunya sangat terkaiterat dengan prestasi. Jika sang anak paham gaya belajarnya dan dia manfaatkan hal tersebut, maka daya tangkap akan suatu materi pun akan lebih cepat sampai karena ia lebih nyaman dengan cara-cara penyampaian yang sesuai. Sebaliknya, jika ia kurang memahami, dan malah ikut-ikutan gaya orang lain yang belum tentu sesuai dengan caranya, bisa jadi akan lebih sulit karena terkesan memaksakan.

Hari ini sepulang kerja di ranah publik seperti biasa mama todong kakak bercerita apa yang dilakukan hari ini. Saya biarkan Queen berceloteh menggunakan bahasanya dan saya menyimak dengan seksama seolah-olah saya mengerti.

Mama: "Sayang, coba sini duduk sama mama, hari ini kakak ngapain aja yaa?"
Mama: "Coba mama pengen denger. Kakak seneng-seneng kan?"
Queena: "Ajajaja aakslsoijfdi.." (meragain ucapan Queena)
Mama: "Oh gitu sayang, terus kura-kuranya gimana?" (seolah-olah mengerti, atau bahkan mengalihkan obrolan ke tema baru yaitu tentang kesukaannya Queen, ngobrol dengan kura-kura yang kami tempatkan di jolang berair sedikit di teras rumah ibu saya)
Queena: "Ajajajaj akakfoejs.." (Queena bersemangat)

Mama excited setiap kali ngobrol dengannya. Queena selalu semangat menceritakan dengan gaya bahasanya, mimik, gesture dan semua-muanya tuh main, seolah-olah apa yang diceritakan bisa dimengerti oleh kami team pendengar. Queen kalo bercerita dengan menggoyang-goyangkan bahu dan kepalanya, seperti sedang pemanasan SKJ bagian mematahkan bahu tuuu..duwa..tiga..satuu.. tuuu..duwa..tiga..duwaa.. ehehehe). Dan seringnya ceritanya Queen tuh disertai nada, plus lengkap dengan manyun-manyunnya. Jadi kami anggap Queen lagi nyanyi. Lucu sekali.

Lalu jeda solat maghrib dan tadarus, dengan ditemani Queen di sampung mama. Sambil mengenalkan padanya tentang tata cara solat dan ngaji. Setelah itu kami duduk di ruang tengah lagi, diatas kasur tipis tempat gogoleran, lalu saya sodorkan buku cerita anak favoritnya terbitan Rabbit Hole berjudul Cilukba! Sambil menunjuk-nunjuk karakter dalam buku, mulutnya menggumamkan kata-kata. Mungkin kakak lagi baca hihi. Lucu sekaliiiii.. mama peluk lagi Queennya sekedar mengapresiasi kepintarannya. Dan ia bales dengan teriak-teriak sambil tertawa ajrut-ajrutan. Alhamdulillah terima kasih ya Alloh, putriku sehat, ceria dan bisa menangkap & merespon apa yang mama harapakn. Sesuai indikator hehehe..

#harikedua
#Tantangan10Hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunSayIIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar