Rabu, 20 Desember 2017

Aliran Rasa Melatih Kemandirian Anak

Alhamdulillah.. sepuluh hari ditantang untuk konsisten mengamati hasil latihan kemandirian Queen yang masih berusia dibawah 2 tahun. Cukup menantang bagi saya. Saya merasa excited karena melalui tantangan ini membuat saya menjadi lebih fokus dan insya Alloh latihan konsisten dalam mengamati hasil belajar Queen. Di sisi lain saya merasa khawatir karena krisis kepercayaan diri sebagai ibu yang lebih banyak menghabiskan waktu berharga (bukan bersama Queen, melainkan) di ranah publik dengan setumpuk berkas, hehehe..

Sebetulnya latihan kemandirian untuk Queen ini sudah sering saya lakukan. Terus menerus. Dan bertahap sesuai dengan perkembangan usianya. Kelemahan (yang disadari oleh) saya adalah tidak ada pencatatan untuk proses ataupun hasilnya dan saya kurang konsisten dan sabar dalam membersamainya menjalankan proses ini..

Sebagai contoh, saat Queen saya latih untuk bertanggung jawab terhadap mainannya saat sudah selesai bermain, ataupun pengalihan ke jenis mainan yang lain. Saya biasakan Queen harus bisa mandiri mengembalikan ke tempat semula. Atau, minimal tidak diberantakin seperti kapal pecah hehehe itu harapan saya sih. Dan alhamdulillah Queen mampu menangkap apa yang saya maksud. Tapi sayang, saya sering lalai mengingatkan bila Queen (sengaja ataupun tidak) mulai kembali meninggalkan mainannya tergeletak tanpa aturan.

Tantangan 10 hari ini sejujurnya melatih saya juga untuk bisa lebih fokus dan konsisten, sabar dan juga telaten dalam membersamai Queen di proses latihan kemandiriannya sampai bisa menjadi habit atau kebiasaan. Bismillah. Selanjutnya, Insya Allah, tantangan alias latihan ini, tidak berhenti di 10 hari ini saja, tapi akan terus saya lanjutkan. 

#AliranRasa
#Level2
#MelatihKemandirian
#KelasBunSayIIP
#IIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar