Selasa, 05 Desember 2017

Day 6 of 10 Melatih Kemandirian Anak : Melepas Sepatu Setelah Bepergian / Dipakai

Queen (15 bulan) sudah hobi bermain ke luar rumah dan berjalan kesana kemari dengan ngebut. Mama membiasakan ia menggunakan sepatu dan melatihnya untuk memakai sepatu sendiri saat akan bermain di luar rumah.

Setiap akan keluar rumah, ataupun sekedar berjalan-jalan di dalam rumah, Queen mengasongkan sepatunya sebagai tanda bahwa mama harus memakaikan sepatu itu di kaki mungilnya. Saat ini mama mencoba untuk melatih kemandiriannya. Karena sampai saat ini nampaknya rasa ingin tahunya sangat tinggi sekali. Selain itu, karena saat ini Queen masih ada di fase peniru ulung, jadi mama pikir ini saat yang tepat untuk mengenalkan pola-pola kemandirian yang dapat dimulai secara sederhana seperti ini.

Queen selalu mencoba apapun yang mama biasa kenakan untuknya. Seperti hari ini, Queen mengambil sepatu merah tertutup. Tampaknya ia mulai bisa memilih apa yang menjadi kemauannya sendiri. Sambil menunduk mama sampaikan padanya, "Coba mama pengen liat ade udah bisa pake sepatu sendiri kan?"

Dan benar saja, sepatu itu ia masukkan dengan paksa ke kaki mungilnya. Lucu karna pakai tenaga ala bayi. Mama pandu Queen sedikit-sedikit, dan ia mampu menangkap maksud-maksud mama.

Setelah selesai, mama mencontohkan Queen membuka sepatunya saat akan masuk ke dalam rumah. Dan voila.. si cerdas ini lagi-lagi mampu mengerti apa maksud mama. Learning by doing.. "Besok-besok kita coba lagi ya nak," mama sampaikan kepadanya, "Ade bisa pake dan lepas s'patu sendiri. Anak mama emang paling juara. Ade cepet banget ngertinya, ih anak jenius." sambil mama elus-elus kepalanya, mama dekap erat. Ia menyunggingkan senyuman gemasnya. Subhanalloh, ini bayi. Alhamdulillah yaa Robb.. putri ku hebat sekali.

#HariKeEnam
#Tantangan10Hari
#Level2
#KuliahBunSayIIP
#Melatih Kemandirian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar