Selasa, 07 November 2017

Day 6 of 10 Komunikasi Produktif Level #1 : Menyembur Minuman? Melepeh Makanan?

Hari ini Queen (14 bulan) minta makanan dengan lantang ia bilang, "mam.." yang maksudnya itu ditujukan pada jeruk. Tetapi seperti biasa, setelah makan 2-3 potong, selanjutnyadilepeh-lepeh.
Acara melepeh-lepeh ini berlangsung beberapa kali, jarang sih. Bisa karena dia sudah kenyang, nggak suka makanannya, atau memang lagi iseng saja (kalau hanya iseng, suapan berikutnya dimakan tanpa dilepeh). Kadang berhasil dinasehati, kadang juga enggak. Belum ketemu polanya.
 
Hari ini saya terapkan lagi teori 7-38-55. Setelah makanan dilepeh, saya duduk lagi sejajar Queen, sambil bicara lembut. "Queen, lepeh-lepeh itu nggak bagus..." "Mammm.." balas Queen. "Iya nak, makanan itu di-mam, supaya Queen bisa tumbuh sehat & tinggi... Kalau udah tinggi, Queen bisa jadi atlet renang yah hehehe..."

Suapan berikutnya, dia makan. Namun selanjutnya dilepeh lagi

"Nak, kalau udah kenyang, apelnya nggak usah dimakan lagi. Nggak bagus lepeh-lepeh..."
"Mammm..." katanya lagi.
"Iya dimam ya sayang, jangan dilepeh." Hehehe gemes deh :))))

Urusan melepeh-lepeh ini masih menjadi PR saya. Berharap besok dia sudah nggak melakukannya. Tetapi, bisa jadi tingkah polah ini karena dia sedang tumbuh gigi, sehingga gatal ingin mengunyah tapi nggak mau menelan.


Komunikasi Dengan Pasangan
Ada beberapa kaidah yang bisa diterapkan untuk berkomunikasi dengan pasangan:
Clear and Clarify
Choose The Right Time
Kaidah 7-38-55
Intensity of Eye Contact
I'm Responsible for My Communication Result

Kemarin-kemarin suami sedang ke luar kota, kontak kami hanya via WhatsApp. Setelah dia pulang, baru deh aku praktek komunikasi. Malam ini, ternyata teori yang bisa dipraktekkan adalah kaidah no.2: Choose The Right Time.

Berhubung suami sedang capek banget habis perjalanan jauh, dia ketiduran sehabis sholat magrib. Diajak ngobrol, disuruh bangun untuk sholat susaaaahhh banget. Matanya nempel kayak kena lem. Ini berarti 'not the right time'. Ya sudahlah, badannya sedang menuntut hak untuk istirahat.

Suami bangun sekitar jam 9 malam. Lapar dan haus, minta diambilkan minum. Lalu kami nyemil-nyemil sambil minum teh lemon hangat di meja makan. Kami ngobrol hal-hal penting seperti mau pesan hotel berapa malam untuk Lebaran, mau naik apa ketika mudik nanti.

Obrolan seperti ini nggak mungkin terjadi kalau kita nggak "Choose The Right Time" :) alhamdulillah, dapat quality time (plus quality talk).


#hari6
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayIIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar