Kamis, 09 November 2017

Day 8 Tantangan 10 Hari : Komunikasi Produktif Level #1

Queen lagi suka-sukanya meniru apapun yang dia lihat. Sehingga mama jadi lebih hati-hati dalam bersikap maupun bertutur kata.

Namun hari ini saat saya awasi Queen yang lagi semangat makan sendiri sambil sesekali menyuapi boneka-bonekanya sambil bilang, "'aaaa...", tiba-tiba terlontar kata "aning" dengan spontannya. Kaget bukan main. Apakah maksudnya kata kasar. Kalo iya saya yakin ini karna Queen dengar dari orang yang lewat depan rumah, karena rumah orang tua kami di pinggir jalan yang ramai dilalui orang berlalu-lalang.

Kaget? Pasti. Bayi menjelang usia toddler belajar bicara yang tidak sepatutnya. Mama khawatir Queen sering mendengar kata-kata seperti itu dan berlanjut ia ucapkan.

Apa yang mama lakukan? Mama mencoba tenang, berusaha supaya nggak panik dan terlihat wajar. Karena kalo mama menunjukkan wajah yang beda Queen akan penasaran dan mengingat momen ini untuk diucapkan lagi selanjutnya. Jadi mama anggap seperti biasa, dan meyakinkan bahwa yang Queen maksud adalah kancing, makanya saya timpali, "Ih baju ade kan nggak ada kancingnya. Ini nih kancing baju mama," sambil memintanya memegang kancing kemeja saya. Simple but it make her forget what he did, I think.

Dan setelah itu ia nggak mengucap ulang kata tersebut.

Alhamdulillah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar