Rabu, 25 April 2018

Susunan Rencana Project Menulis - RBI 7

Menyusun rencana project sesuai bakat diri untuk menghasilkan suatu karya (program maupun produk)

1. Mau bikin karya apa

Target Pencapaian Awal dalam Bidang Literasi

Saat ini ada bidang yang membuat saya berbinar ketika mengerjakannya, yaitu literasi dan craft.
Pencapaian di bidang literasi yang saya harap bisa mengerjakan dengan istiqomah antara lain:
a. Konsisten membukukan karya, baik antologi maupun rencana membuat buku solo.
Saat ini karya antologi saya dan teman-teman sudah dibukukan dalam dua buah buku berjenis cerita anak, Buku Faris di Pasar Mainan; dan Buku Dongeng Fabel Ramadhan.
Buku pertama saya, Faris di Pasar Mainan, semasa Pre Order
Cover Buku Faris di Pasar Mainan
Buku antologi perdana saya: Faris di Pasar Mainan, hadir sebagai salah satu bahan referensi bacaan bagi ayah bunda untuk membiasakan membacakan cerita pada anak-anak. Buku ini diterbitkan oleh sebuah penerbit indie pada Bulan Maret 2018.

Sedangkan buku antologi kedua saya yang berjudul Dongeng Fabel Ramadhan, hari ini 26 April 2018 baru naik cetak, setelah mengalami masa PO selama satu minggu dan tembus sebanyak 650 eksemplar hanya dalam waktu 7 hari, alhamdulillah. Semoga saya dan teman-teman dapat menebar sebanyak-banyaknya manfaat aamiin.

Buku kedua saya: Dongeng Fabel Ramadhan
Cover Buku Dongeng Fabel Ramadhan


b. Menjalin kerja sama yang baik dengan penerbit indie
c. Mempelajari ketentuan serta kelebihan dan kekurangan mengajukan karya ke penerbit mayor
d. Membuat buku solo yang bergenre kids friendly book

Sedangkan di bidang craft, saya berharap saya kan mampu mengerjakan:
Buku anak, yang terinspirasi dari buku-buku terbitan Mizan dan Rabbit Hole seperti koleksi buku favorit putri saya

2. Menyiapkan nama
a. Nama asli sebagai identitas penulis.




Namun kadang saya merasa nama pemberian orang tua saya dinilai terlalu panjang untuk branding sebuah buku, maka saya menyiapkan nama pena sebagai alternatif.

b. Nama pena sebagai identitas penulis. Nama ini merupakan kepanjangan dari nama saya:
AFIRA is stands from Annisa FItriany RAmadhan, sedangkan NISA-nya adalah nama panggilan saya semasa sekolah.


3. Branding Logo
a. Nama Asli, saya buat gratis di logomaster



b. Nama Pena juga saya buat di web yang sama dengan diatas


  





4. Planning Kronologis Proses Goal
Saat ini saya mengenal salah satu penerbit indie yang telah mempublikasikan 2 karya antologi saya bersama teman-teman penggiat literasi.

Perbedaan antara penerbit mayor dan penerbit indie pernah saya ulas di postingan sebelum ini

Target buku antologi yang saya tulis di tahun ini:
1. Faris di Pasar Mainan - sudah dipublikasikan Maret 2018
2. Dongeng Fabel Ramadhan - naskah selesai, terbit Mei 2018/Ramadhan 1439 H
3. Dilatasi Hati: Karena Menjadi Kuat Bukan Pilihan, Tapi Keharusan (PL) - naskah selesai final, edisi proses editing

4. The First Time (GEMS) - naskah selesai, sedang diajukan ke editor untuk digodok

5. Antologi Artikel - Belum berjudul, dan masih proses mentoring
6. Hadza Sayamurru, Ini Akan Berlalu (Nubar Mas Anton) - naskah selesai, sedang diajukan ke editor dari penerbit Rumedia
7. Sehari Nulis Jadi Buku (Mas Deejay) - Belum berproses, masih menentukan jenis FF dan tema bersama kontributor lainnya
8.Cerpen Romance Wonderland Creative - Belum berjudul, baru writing prompt paragraf awal, akan menggiring fiksi remaja ini kearah mana
9. Proyek Remaja Mas Anton - baru memnyamakan visi dengan kontributor lainnya di dalam wadah grup WA
10. Elegi Semesta (Nubar Jatim) - masih mendalami istilah flash fiction dengan ending mengejutkan, deadline 10 Mei sudah dikirim ke PJ editor dari Penerbit Rumedia
11. Activity Book (Ruang Berkarya Ibu) - masih berada di kepala, belum eksekusi apa-apa, masih riset untuk menambah referensi ingin membuat buku seperti apa


*****

Seluruh poin diatas (yang belum terbit) insya Alloh sedang dikejar progresnya, terutama untuk naskah-naskah yang belum terselesaikan, atau belum tergarap sama sekali. Khusus untuk poin terakhir, yaitu goal proyek Ruang Belajar Ibu, saya mau bikin mind planning:
a. Membuat draft tulisan buku anak
b. Membuat target teknis seperti jumlah halaman, jenis buku, tema, font, size, warna dll
c. Mendalami desain grafis (selama ini hanya mengenal tools dasar saja menggunakan aplikasi umum seperti corel draw dan adobe photoshop), kedepannya akan lebih diulik lagi
d. Menyertakan ilustrasi yang diinginkan ke dalam naskah tulisan di poin a diatas
e. Self-editing
f. Menghubungi editor dan penerbit
g. Menyerahkan naskah
h. Mengikuti ketentuan yang ditentukan oleh penerbit

#RuangBerkaryaIbu
#Proyek2
#TugasMateriTujuh
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu

🦋🍃🦋🍃🦋🍃🦋

Tidak ada komentar:

Posting Komentar