Minggu, 29 April 2018

Merancang Big Picture Keluarga Sesuai Kombinasi Bakat Suami dan Istri - RBI 5

Materi terakhir sebagai penutup perkuliahan RBI (Ruang Berkarya Ibu) diberikan oleh Pak Dodik Maryanto, founder Institut Ibu Profesional yang sampai saat ini saya masih tercatat sebagai siswa disana.

Materi ini menanpar saya untuk semakin mendekat lagi dengan anggota keluarga inti, suami dan anak. Kenapa menampar? Karena saya masih belum benar-benar memahami bakat dominan pada diri mereka berdua. Dengan terburu-buru saya meminta papaben untuk membuka link Temu Bakat Abah Rama dan mengisi kuesionernya sesuai bakat dan kondisi diri. Dan kali ini saya skip putri saya, karena masih berusia 1.5 tahun. Insya Alloh kedepannya akan dipertimbangkan visi keluarga kami kedepannya.

Visi keluarga alias Big Picture Family diputuskan setelah mempertimbangkan kombinasi bakat antara anggota keluarga. Apa yang membuat saya berbinar? Literasi, Craft, Baking dan lain lain. Sedangkan suami saya lebih ke bidang technical engineer, dan juga desain ilustrasi dasar. Papaben juga sangat suka cooking, dll. Jika dikombinasikan? Sebenarnnya kami belum menemukan padanan yang tepat. Bakat yang suami miliki (sesuai hasil temu bakat dan hasil pengamatan saya sebagai personal caretaker) adalah:
Commander (senang berkonfrontasi, suka konflik, berempati)
Selector (mampu memilih dengan berbagai pertimbangan)

Communicator (senang berkomunikasi) 
Motivator (senang memajukan orang lain)
Dengan peran Evaluator, Visioner dan Strategist.

Sedangkan dari beberapa kali test, potensi kekuatan saya:
Creator (senang membuat sesuatu yang baru)
Designer
Educator (senang memberi informasi kepada orang lain)
Journalist
Synthesizer (senang mempelajari hal baru)
Treasury (teliti)
Caretaker

Maka project yang saya dan suami canangkang adalah:
> Membuat Buku Anak yang saya tulis dengan dibantu suami untuk ilustrasi dan idenya.

Suami sebagai evaluator, visioner serta strategist. Beliau merancang, membuat program, dan menentukan bagaimana konten buku edukasi yang akan saya tuangkan dalam bentuk tulisan ini dapat sesuai target.

Feedbacknya adalah anak sebagai tujuan kami dalam memaksimalkan potensi kecerdasan otak di masa golden agenya. Dan kami sebagai fasilitator untuk mengikat makna melalui ilustrasi dan tulisan menjadi suatu karya yang dapat diingat oleh anak, menumbuhkan semangat membacanya semenjak dini, menstimulasi sensor motorik halus, kemampuan verbal dll yang menunjang perkembangan anak sesuai tuntunan parameter diknas.

Flashback ke awal bergabung dengan RBI, saya memiliki target tujuan dan harapan mengikuti program RBI ini, yaitu:





Saya harap, saya mampu konsisten mewujudkan harapan tersebut sehingga menjadikan ranah produktivitas yang profesional yang dapat saya (dan suami) kembangkan demi tujuan mulia mengedukasi anak Indonesia agar suka membaca dan memiliki masa depan yang lebih baik, aamiin.


#RuangBerkaryaIbu
#Proyek2
#TugasMateri5
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar