Senin, 13 Maret 2017

Prinsip Dasar MP-ASI (Daftar Bahan Pangan Tinggi Serat dan Rendah Serat)

Berikut list bahan pangan yg tinggi serat rentan memicu sembelit, sehingga disarankan tidak diberikan berurutan dalam menu tunggal:
  • Buah (Pepaya, Mangga, Pisang, Apel, Pear, Jambu, dll)
  • Sayuran (Wortel, Jagung Manis, Kangkung, Bayam, Brokoli, Buncis, Sawi, dll)
  • Sumber Karbohidrat (Beras Putih, Beras Merah, Beras Hitam, Oat, Singkong, Kabocha, Labu Kuning, Kentang, Ubi dan Umbi-umbian, dll)
  • Sumber Protein Nabati (Tempe, Tahu, Kacang Merah, Kacang Hijau dan Kacang-kacangan lainnya, dll)
Karena banyak, maka padu padan dengan rendah serat, dengan buah yang kaya kandungan air/lemak, protein hewani dan nabati, selalu beri lemak tambahan. Sayuran dan buah umumnya memang merupakan sumber serat.

List bahan pangan rendah serat:
  • Buah yang Kaya Air (Buah Naga, Semangka, Melon, dll)
  • Sumber Protein Hewani (Daging Sapi, Daging Ayam, Ikan-ikanan, Ati Ayam, Kuning Telor Ayam, Kuning Telor Puyuh, dll)  



Bayi butuh serat, tapi kalau terlalu banyak justru memberatkan kerja pencernaan. Selama padu padannya pas dengan yang rendah serat/banyak air/hewani/nabati, imbangi dengan lemak tambahan, air putih, tetap asi, akan mengurangi resiko sembelit tidak berurutan tinggi serat.


Kebanyakan ibu fokus buah dan sayuran saja untuk mp asi, sedangkan buah dan sayur kaya serat. Bayi butuh lebih banyak protein dan lemak, itu sebabnya ada anjuran pemberian variasi bahan pangan sejak awal mp asi, terutama protein hewani.


Prinsip MPASI :

1. Kukus / rebus.2. Bisa ditambahkan bumbu aromatik.

3. Penyet-penyet menggunakan punggung sendok di atas saringan kawat, kerok bagian bawah saringan dan ikut diberikan di mangkok saji
4. Berikan lemak tambahan 2 sdt - 1 sdm.

5. Boleh tambahkan air matang / air kaldu / asip untuk mengatur tekstur hingga semi kental (sendok dimiringkan, makanan akan jatuh perlahan bukan mengucur).
6. Sajikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar