Selasa, 09 Januari 2018

Family Project Day 6 Melatih Kecerdasan Anak : Permainan Meniru

Usia 16 bulan adalah usia puncak-puncaknya bagi bayi meniru kebisaan yang ditunjukkan oleh orang tua dan lingkungan sekitarnya. Pada periode ini, Queen dapat membentuk sudut pandangnya dalam melihat dunia. Mama mencoba melakukan permainan yang membantu perkembangan emosi dan sosial yang positif. Melalui bermain bersama mama, dapat membentuk perkembangan emosi yang stabil.

1. Merawat Boneka
Area perkembangan: Emosi/sosial
Usia: 1 tahun

Mama kali ini mengajak Queen untuk merawat boneka-boneka kesayangannya. Mama mencoba mengambil satu dari jenis yang terfavorit Queen. Ada 3 boneka kucing yang Queen miliki sekarang. Ketiganya selalu Queen peluk. Dua buah berwarna belang coklat putih, dan satu lagi sisanya berwarna pink. Karena yang pink berbulu lebih tebal dan gomplok, maka ini yang jadi sample kali ini.
Mengekspresikan emosi secara positif, mama harap dapat membantu perkembangan Queen. Serta melalui gerakan meniru, Queen juga diharapkan dapat mengembangkan kemampuan bersosialisasinya.

Bahan yang digunakan: Boneka

Cara Bermain:
1. Memperlihatkan boneka pada Queen dan membiarkan ia mengamatinya dengan bebas
2. Agar ia dapat melakukan gerakan bayi, mama memposisikan diri sebagai Queen lalu menimang-nimang boneka, menyisiri rambutnya dan memberi dot susu pada boneka
3. Beri dorongan agar Queen mau merawat boneka seperti yang mama lakukan
4. Memuji saat Queen bisa melakukan gerakan yang menunjukkan perawatan

Dialog
Mama: "Adeee.. ini si miow pink. Peluk dulu." (memperlihatkan boneka)
Mama: "Sekarang miow-nya lagi laperr.." (sambil memegang perut boneka kucing)
Mama: "Ade mau kasih dot susu nggak?"

#tantangan_hari_ke5
#kelasbunsayiip3
#game_level_3
#kami_bisa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar