Sabtu, 31 Maret 2018

Menyusun Ukuran Buku di Rak - Simulasi Matematika Logis pada Batita

Ada artikel yang saya baca, dan sebelumnya saya sudah izin untuk copas disini.

Tahap perkembangan Logika – Matematika anak usia balita (0 – 5 tahun)
0 – 1 tahunAnak sangat suka mengamati apa saja yang ada disekitarnya yang dapat dijangkau dengan mudah
1,5 – 2,5 tahunIa akan mulai mengklasifikasi objek objek mungkin berdasarkan warna, bentuk dan fungsi. Atau apabila diusia ini anak mulai berbicara, kesadaran terhadap konsep “besar” dan “kecil” akan berkembang dan memasuki tingkatan konsep “lebih besar” atau “lebih kecil” dengan membandingkan berbagai benda.
3 – 4 tahunAnak menyukai kegiatan menyusun benda berdasasrkan urutan kecil ke besar. Diusia ini anak telah berada dalam tahap perkembangan berpikir untuk menimbang dan mengukur.Anak usia 3 tahun sudah mulai menyadari konsep pola tertentu, misal kancing yang disusun dengan pola warna tertentu biru, merah, kuning, hijau, anak usia ini sudah dapat meniru susunan dengan pola yang samaKonsep logika lain yang mulai berkembang adalah konsep tentang hubungan sebab akibat.
Hal hal yang relatif bisa diukur :
  • Mengenal ciri diri sendiri
  • Mengenal warna
  • Mengenal konsep persamaan dan perbedaan
  • Mengelompokkan benda berdasarkan warna dan bentuk
  • Mengenal macam macam rasa dan bau
  • Menentukan posisi luar – dalam, atas – bawah
  • mengenal bangun geometri seperti persegi panjang, segitiga dan lingkaran) dan mulai mengidentifikasi bentuk geometri dengan benda yang ada disekitarnya
  • Mengenal ukuran panjang – pendek, berat – ringan dari benda benda yang ada disekitarnya
  • mengenal waktu dengan matahari, siang – malam
  • Mengenal lambang bilangan 1 – 10
4 – 5 tahunAnak biasanya sudah mulai memahami konsep bilangan, dan berkembang kepekaannya terhadap konsep ukuran ukuran yang ada disekitarnyaHal hal yang relatif bisa diukur :
  • Mengenal lebih banyak ciri diri sendiri dan mengenali persamaan dan perbedaan dirinya denngan orang lain
  • Menghubungkan ukuran dengan benda yang ada disekitarnya
  • Menghubungkan bentuk geometri dengan benda yang ada disekitarnya
  • memperkirakan ukuran jumlah, panjang pendek, berat ringan benda benda yang ditemuinya
  • Mengurutkan benda berdasarkan warna, ukuran, jenis permukaan denngan pola tertentu
  • Mengamati perubahan bentuk cair, beku, uap dan embun
  • Menentukan posisi kiri kanan, depan belakang
  • Mengenal konsep waktu berdasarkan kegiatan
  • mengenal konsep hari
  • Mengenal konsep dan lambang bilangan 1 – 20



Pengetahuan anak tentang bilangan secara umum dimulai dengan penyebutannya dan mungkin belum sekaligus diiringi dengan pemahaman terhadap bilangan tersebut.

Pagi ini mama meminta Queen membantu membereskan buku-buku yang sudah dibaca, lalu disusun ke rak buku kecil nya Queen. Mama sangat mengapresiasi apa yang Queen lakukan. Mama sempurnakan hasil beberesnya. Ternyata Queen sudah mampu menangkap maksud mama. Walaupun tentu saja di usianya yang masih menginjak satu setengah tahun ini, buku yang dibereskan belum sempurna rapi. Tapi sudah optimal untuk ukuran usianya. Beginilah penampakan rak yang kami bereskan berdua:

Rak Buku Pertama Queenara

Rak Buku Pertama Queenara



#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#MathAroundUs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar