Selasa, 10 Juli 2018

Ibu sebagai Coach untuk Anak - Day 61 RBI

Assalamu'alaikum.. para Bunda pembelajar..

Tadi di WAG Rumah Parenting ada yang share artikel keren tentang pengasuhan... Cekidot!


Berikut resumenya:
Ibu sebagai Coach untuk Anak.

Bagaimana seorang ibu menjadi coach untuk anaknya?

Berikut beberapa tips.

1. Respek
Bagaimana kita memiliki rasa respek terhadap si anak, artinya apa? Bagaimana menghargai dia seperti kita menghargai orang - orang yang kita hormati dan kita cintai.
Contohnya apakah kita menghargai atasan, rekan, sahabat, mertua atau orang tua, perhatikan rasa respek kita mestinya sama dengan kita menghargai orang lain juga, karena walaupun anak berbeda umur jauh mungkin dengan kita,dan dia memiliki hal yang sama dengan kita, memiliki pikiran, emosi dan juga sebuah perilaku yang ditujukannya.

2. Role model
Anak biasanya sangat meniru orang tuanya, jadi perhatikan ucapan kita, perhatikan tingkah laku kita, karena dia akan memiripkan dengan kita dalam kesehariannya.

3. Ekplorasi
Memberikan ruang ekplorasi untuk si anak, berikan pengalaman kepada si anak. Kalau dia melakukan kesalahan ambil pembelajarannya.(belajar dari pengalaman)

4. Hadir seutuhnya (mendengarkan)
Paling pentint dengarkan anak dengan sangat hadir seutuhnya, dimana ketika kita mendengarkan si anak, kita benar - benar menghilangkan Judgment kita, penghakiman kita terhadap si anak, dengarkan dia dengan ketulusan hati anda.

5. Perbanyak menggunakan pertanyaan dalam berkomunikasi.
Karena pertanyaan memberikan ekplorasi pada pikirannya yang memberikan kesempatan untuk dia berfikir dan mengekplorasi potensinya lagi, di badingkan dengan memberikan intruksi dan arahan terus - menerus.

Jadi, mulailah hari ini selalu tanyakan pada si anak, "apa rencanamu hari ini?" "Apa tujuanmu hari ini?" "Apa yang kamu rasakan?" Berikan ekplorasi dalam mengelolah pikiranya.

Semoga bermanfaat.
#Sumber- Coach Ina Rizqie Amalia PCC

Menginspirasi! 😍
Semoga bisa menelurkan manfaat juga untuk bunda lainnya.

#RuangBerkaryaIbu
#IbuProfesional
#MandiriBerkaryaPercayaDiriTercipta
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu
#Proyek2RBI
#Day61

Tidak ada komentar:

Posting Komentar