Rabu, 30 Mei 2018

Bimbingan Naskah Kelas Picbook Pertemuan 1 - RBI Day 20

Rabu, 20 Mei 2018 kemarin menjadi hari pertama perkuliahan kami. Berikut resume besar (judul outline saja) yang dapat saya rangkum, meliputi:

1. Opening Slide
Cikgu Wulan membuat kelas ini untuk menyebarluaskan materi picbook yang beliau dapatkan setelah beberapa tahun terakhir ini berkonsentrasi pada buku cerita anak, terutama picbook. Materi yang akan dibagikan diperoleh dari pengalaman pribadi sebagai penulis, belajar otodidak, sharing dengan kerabat, searching di web terpercaya, dan diskusi yang berulang dengan editor penerbit mayor seperti Elex Kidz, BIP, GPU, Ziyad, Scritto, Checklist, Wahyu Media, dll. Berbeda penerbit dan editor, berbeda pula style yang diterapkan.



2. Kategori Buku Anak
Buku anak itu luas, ada beragam jenis. Secara umum, dapat dikelompokkan berdasarkan kategori usia pembaca. Untuk mengupas one by one, dari kategori tersebut, saya merasa tidak asing karena sudah mengoleksi banyak judul (lokal) yang saya peruntukkan untuk Queenara. Saat kelas masih berlangsung, cikgu kami meminta menyebutkan contoh judul dari masing-masing jenis. 

3. Apa itu Buku Anak Picture Book?

4. Jenis cernak apa yang bisa dibuat picbook?

5. Cara membuat fiksi picbook

Karena materi kelas ini komersil dan mengandung hak cipta, sehingga saya tidak dapat lebih jauh posting public (open class) karena mengemban amanah dari cikgu Wulan langsung.

Kesannya: jelas ini bagaikan gayung bersambut bagi saya yang sangat mengidamkan kelas ini untuk bimbingan naskah dalam mewujudkan mimpi sebagai penulis buku cerita anak, seperti koleksi buku Queenara. Semoga Allah permudah jalan kami untuk mengisi gelas kosong ini dengan sebanyak-banyaknya ilmu yang dibagikan, serta bertemu penerbit terbaik yang menjadi sarana penghubung untuk ikut serta meramaikan dunia golden age anak dengan pendidikan berkualitas.

#RuangBerkaryaIbu
#IbuProfesional
#MandiriBerkaryaPercayaDiriTercipta
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu
#Proyek2RBI
#Day20

Tidak ada komentar:

Posting Komentar