Minggu, 03 Juni 2018

Cerpen Flash Fiction Nubar Elegi Semesta - Day 23 RBI

Beberapa waktu lalu seorang kawan menawarkan event Nubar pada saya. Tema kali ini berhubunga  dengan petualangan, dengan judul buku Elegi Semesta. Menarik! Pikir saya saat itu. Tanpa pikir panjang saya langsung tergabung dalam proyek menulis tersebut yang digawangi penerbit Rumedia (Jatim).

Kali ini bukan cerpen biasa yang ditampilkan. Tapi kami diminta menyuguhkan cerpen berbalut flash fiction, alias fiksi mini. Jujur ini kali pertama bagi saya mereka cerita yang berakhir gantung tanpa memutuskan endingnya dengan jelas. Tantangab tersendiri nih bagi pemula yang serba galau kayak eike.. Nah, sebelum menulis lebih lanjut, kemarin sempat gugling pengertian FF itu seperti apa. Ini sih kata wikipedia:


Flash fiction adalah karya fiksi yang sangat singkat, bahkan lebih ringkas daripada cerita pendek. Walaupun tidak ada ukuran jelas tentang berapa ukuran maksimal sebuah flash fiction, umumnya karya ini lebih pendek dari 1000 atau 2000 kata. Rata-rata flash fiction memiliki antara 250 dan 1000 kata. (Sebagai perbandingan, ukuran cerita pendek berkisar antara 2.000 dan 20.000 kata. Rata-rata panjangnya antara 3.000 dan 10.000 kata.)

Selain menantang, ada kesan penasaran yang saya sisakan di naskah perdana dalam genre ini. Hmm.. entah mengapa saya suka dengan apa yang saya tulis disini. Misterius, kesan yang saya tangkap dari Papaben, sebagai Quality Control merangkap editor atas naskah-naskah yang saya ikutsertakan dalam berbagai event.

hanya SS WAG Elegi Semesta


Sekilas mengenai FF ini, saya sematkan 2 tokoh saja supaya alur cerita tetap terfokus dan maksud yang saya siratkan dapat ditangkap oleh pembaca. Hari ini naskah sudah saya send ke PJ area Nubar. Dan alhamdulillah dapat respon positif.

#RuangBerkaryaIbu
#IbuProfesional
#MandiriBerkaryaPercayaDiriTercipta
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu
#Proyek2RBI
#Day23

Tidak ada komentar:

Posting Komentar