Sabtu, 30 Juni 2018

Mendidik Anak Cerdas Finansial Sejak Dini - Day 1 Level 8

Bismillahirromanirrohim..

Penghujung bulan ini sungguh berbeda dari bulan lainnya. Karena apa? This is my first time to be coordinator. Yup, tiba lah giliran saya menjadi koordinator bulanan alias korlan, di Kelas Bunsay Bandung 1 ini.

Tantangan 10 hari level#8 ini berisi tentang:

MENDIDIK ANAK CERDAS FINANSIAL SEJAK DINI

Memahamkan anak-anak bahwa uang adalah bagian kecil dari rejeki, itu dimulai dari ibu. Termasuk pengelolaan uang, membedakan keinginan serta kebutuhan juga dimulai dari ibu. Yuk bertumbuh bersama anak dengan menjadi teladan, sehingga anak ikut belajar mengelola uang dan bertanggung jawab terhadap bagian rejeki yang didapatkan di dalam kehidupan ini.

Queenara (22 bulan) masih termasuk kategori anak usia dini (<7th). Bentuk reportnya adalah:
Buatlah proyek pengenalan menabung, proses menabung dan membelanjakan tabungan. Perkuat bahwa semua rejeki berasal dari Allah SWT. Ceritakan pengalaman bunda dalam mengenalkan konsep rejeki pada si kecil melalui tulisan atau foto.

Saat ini kami sedang mengenalkan uang sebagai alat pembayaran yang sah untuk membeli keperluan dan kebutuhan. Di usianya yang hampir menginjak 2 tahun, Queen belum mengenal istilah jajan sih sebetulnya. Namun karena ada ajakan dari keluarga, jadi lah si sayang ini tahu betapa gemerlapnya dunia warung ehehe..

Saya nggak alergi sama istilah jajan. Tentu saja boleh, kalo Queen mau membeli apa yang diinginkannya di warung. Misalnya snack. Tapi sebisa mungkin kami minimalisir. Caranya dengan menyetok makanan yang Queen suka, tanpa harus sering mengajaknya belanja. Saya cuma khawatir istilah jajan ini terngiang-ngiang setiap hari, seperti kebanyakan teman-teman seusianya lakukan.

Oh iya pertama kali dalam sejarah, Queen makan es krim. Ini juga karna dibelikan oleh kakeknya (dipanggil bahkie). Sebetulnya usia 1 tahun keatas, bayi sudah boleh diperkenalkan. Tapi karna mamanya punya sinus, sehingga agak hati-hati kalau menyangkut bahan makanan yang dibawah suhu normal alias dingin. Ternyata respon ini bayi luar biasa banget yaak. Kayak yang nggak pernah makan es krim sebelumnya. Iya dooong, emang ini pertama kalinya. Jadi masih keren aja aura si eskrim ini.

Berikut cuplikan videonya yang terus diputar karna ada hal lucu yang berkesan bagi Queen yaitu moment es krimnya yang jatoh hihi..




Motto level ini adalah:
Latih - percayakan - jalani - supervisi - latih lagi

#Tantangan10Hari
#Level8
#KuliahBunsayIIP
#RejekiItuPastiKemuliaanYangDicari
#CerdasFinansial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar